SEPUTAR MARKETING: APA ITU HANDLING OBJECTION

pic source: lifehealthpro.com


Hai guys, masih ktmu gw Xel, gmn kabar? Gw harap baik tentunya ya

Seperti biasa mau mengingatkan, artikel yang gw tulis ini sepenuhnya gw bikin untuk anda yg membutuhkan informasi.. Gw tidak melecehkan, menjatuhkan pihak MANAPUN lewat artikel gw, dan gw selalu membagikan sesuatu yg pernah emg gw alamin tentunya haha.. Gw netral, silahkan berpendapat di komen, masukan, kritik secara RAMAH. No offense, gw juga manusia biasa yg masih banyak kelemahan. anda hormat kami segan. Anda galak gw juga galak :p. Anyway, semoga informasi yg selalu gw tulis di tiap blog gw berguna buat kalian, oke? Rajin2 baca blog gw ya.

Okay kali ini gw mau bahas soal Handling Objection. Istilah ini terkenal di kalangan MARKETING, APAPUN MARKETINGNYA.
Pasti dipikiran kamu "iye iye intinya apa itu objection dan handlingnya??"

Objection itu bisa diartikan keberatan dalam membeli sesuatu. Sedangkan Handling itu diambil dari kata Handle berati menangani.
Handling objection itu berati menangani keberatan sang buyer tentunya..

Kalo kamu yang baca ini kebetulan punya kerjaan yg sama kaya gw marketing: berati lo kaga jauh pasti pernah ngalamin objection ya..

Pertanyaannya, cara Handlenya gmn? Oke mulai skrg gw sebut HO.
HO itu tujuannya BAIK! Ingat, bukan untuk NGERUGIIN ATO NIPUIN calon buyer. Ini bisnis bukan sulap!

SELALU INGAT, Bisnis harus menguntungkan 3 pihak (baca: kabeh untung!)
1.perusahaan 2.buyer 3.marketing

First, wajib diingat, UNTUK BISA HO WAJIB PEDE DULU (beneran kaga boong, gw liat banyak tmn2 gw kaga pede akhirnya bingung sendiri pas ktmu calon prospek) dan gw menyarankan anda sebaiknya bekerja di perusahaan yang sudah TERKENAL DAN PUNYA NAMA..

Jika anda bekerja di perusahaan yang mungkin masih baru2 atau malah kualitas barangnya kurang baik.. Maka handling akan semakin sulit karena calon buyer sendiri masih butuh bukti kalo barang lo bagus dan lopun bakal cape karena lo harus 2x presentasi. Presentasiin perusahaan baru lo, presentasiin produk lo. Kasian kuping buyer kan..dan jgn pernah NYALAHIN GW kalo lo nerima banya komplen atau dikejar2 massa hahaha.. Tapi balik lagi semua terserah anda haha.. Ini menurut gw ya..

Second, wajib diingat jangan coba2 HO kalo calon buyernya TIDAK PERCAYA siapa anda.. Anda
harus bisa menempatkan diri anda dipercaya oleh sang calon2 buyer.. Setau gw percuma jago HO jika anda tidak dipercaya sama buyer anda.. terus cara dipercaya buyer gmn? Tunggu aja next episode blog gw ya cara bikin lo dipercaya ma org asing hahaha... :p

HO itu bisa dikatakan TRIK atau bisa dikatakan juga SOLUSI secara berdiskusi sebelum terjadi closing (baca: kelosing / sepakat melakukan pembelian). Ok, gw bagi 2 tipe ya HO trik dan HO solusi.


1. HO TRIK

Tipe trik ini dipakai untuk menekan calon2 buyer yang tidak punya pendirian, tidak konsisten. (Wajar sih karena buyer jg takut akan resiko barang yg kita jual tidak laku)

Contoh kasus: marketing asesoris Komputer dan Hp perusahaan terkenal.

Gw jadi inget ada seorang temen gw nanya ke gw: "oi Xel, gw bingung gmn jawabnya. Gw pernah dtg ke 1 toko komputer, udah presentasi nih ke depan pemiliknya. Eh dia ragu beli barang gw padahal terkenal lho siapa yg ga tau merk gw.. Gw kudu gmn ya?"

Kalo dijabarkan percakapannya lebih lengkap begini + HOnya:

Marketing: "presentasi blablabla... (Sambil muncrat2 air ludahnya) "

Buyer: "wah bagus sih, saya juga tau merk itu mah punya nama.. Tapi banyaknya pembeli disini beli mouse itu yg merk A made in china itu lho.. Soalnya harganya murah, yg kamu harganya mahal.. Saya ragu takut ga laku"

Marketing: " (HO) justru itu pak saya mau kerja disini juga karena merk perusahaan ini bagus pak.. Saya berani jual ke bapak karena saya tau kualitas barang saya ini bukan tipe bawah.. Saya juga gak mau pak kalo saya jualan (maaf) tipe bawah, capek saya nerima komplainnya haha.. Sampe sekarang sih saya bersyukur jarang nerima komplen dari toko2 yang beli ke saya pak (jual diri anda di mata calon buyer) . Mereka cukup puas dengan barang yg bapak akan pilih skrg ini lho.. Jadi Saran saya tidak ada salahnya bapak coba stok dulu aja pak dari saya mau coba berapa? 10 buah? 15? Kita kan tidak tahu kedepannya kalo tidak dicoba, bener gak pak?"

Jika dia masih keberatan, berikan senjata ini,

Marketing: "(HO)Baik pak, saya mengerti mungkin bapak masih ragu, kebetulan kami ada promo nih pak, ada paket titip jual pak, gmn bapak mau coba dulu titip jual?"

Biasanya calon buyer senang mendengar promo ini -_-'

Marketing: "Baik pak, bapak mau ambil berapa? 10? 15? 25? (anda yang beri pilihan, jangan anda yg nunggu dia mau ambil brp. Agar anda terlihat profesional)"

Buyer: "10 aja deh kita liat dulu"

Marketing: "okay, nanti saya akan datang lagi ya pak untuk cek" (cek aja di minggu 3, minggu 4 atau di minggu 6)
Buyer: " iya makasih ya.."

-Setelah minggu ke 6-

Marketing: "hai gmn pak apakabar -basabasi- .... Sudah laku berapa pak?"
Buyer: "wah lumayan ya ternyata laku 8 mousenya.."

Marketing: "tuh kan pak ternyata laku, selamat ya.. Jadi gmn pak mau stock dari saya berapa? 20? 30?"
-kebiasaan buyer nih kalo udah keenakan-
Buyer: "wah titip jual aja lah saya berani stok 25 pieces mousenya.."

Marketing: "wah pak, kebetulan promonya sudah habis di tanggal sekian kemarin pak.. Saya bisa dimarahin kantor pusat kalo saya kasih promo yang udah ga berlaku pak.. Saya lebih mengutamakan jujur kepada bapak dan perusahaan (lagi jual diri anda dengan tulus jgn sombong!) Duh sayang
 banget ya pak.. Paling promo yang tersisa hari ini,  pembelian stock minimal bisa 20 saja lho pak, gmn? Kalo tidak mau jg tidak apa2 pak saya tidak memaksa"

Kira2 jika lo jadi buyernya mau beli kaga? ;) relatif ya.. Who knows haha tapi dengan trik ini secara tidak sadar kita sudah mengarahkan buyer untuk mengambil keputusan.. Bener ga bray? ;)


2. HO SOLUSI

Contoh kasus: agen asuransi

GW mengalami sendiri kejadian ini.. Dan calon nasabah udah percaya ma gw..

Marketing: "presentasi blablabla sambil muncrat2 ludahnya.. Nah gmn tante? 1 bulan tante setor 1jt aja.. Dengan perlindungan kamar rumah sakit 900rb per hari, di Bandung masih dapet kamar VIP lho tante"

Nasabah: "wah bagus sih xel, tapi tante berat kalo segitu mah.. Yg 500 per bulan aja preminya dah ada?"

Marketing:"ada tante, saya bisa aja kasih ke tante 500rb.. Tapi maaf tante kalo terjadi resiko sakit, mungkin akan terjadi penombokan saat rawat inap nanti.. Kasian ke tantenya juga amit2 udah sembuh nanti malah nombok 1jt-2jt tiap sakit... Gini aja deh tante, saya udah itung harga yang minimal tapi gak nombok, 700rb perbulan tante gmn? Mending nambah 200rb tapi kalo terjadi sakit semua tercover ya tante.. Lagian di asuransi mah itung2 nabung, semakin gede premi tante kan ga rugi lihat hasilnya nanti.."

Nasabah: "bener juga ya kalo cuman nambah 200rb jadi total premi 700rb tapi gak nombok mah saya  bisa"

Marketing: "boleh tante silakan tanda tangan disini.. " selesai-

Anda telah memberikan solusi yg terbaik kepada buyer, kalo ga di HO pasti cuman closing 500, tapi ternyata jika kita HO dan sukses, malah closing 700kan? dengan begini fix nasabah untung, perusahaan untung, marketing untung..

Kekuatan HO itu terletak dari seberapa kuat kepercayaan sang calon buyer anda kepada anda.. Percuma jago HO kalo dia tidak mempercayai anda dan kinerja anda selama bekerja..
Ingat 3 pihak harus diuntungkan, salah 1 tidak boleh rugi!

Nah itulah HO menurut pandangan gw.. Menurut pandanganmu gimana? ;) taro di komentar, yg bagus gw tambahin ke blog ini + namanya...

Sekian dulu ah dari gw, nanti gw jg ada rencana mau nulis BLOG yg isinya full contoh2 HO agen asuransi.. So tunggu tgl mainnya.. Baca jg blog gw yg lain ya.. Tolong yg mau copas tau ETIKA taro backlink! Cape2 gw bikin lo embat juga harta pengalaman gue @_@

Salam Sukses,
XEL HEIDRICH



Komentar

  1. Pengertian HO contoh HO bagaimana cara HO

    BalasHapus
  2. Great pieces of advices!

    Gw nggak gerak di bidang marketing sih, jadi kurang bisa kasih masukan.

    Tapi setuju banget kalau dalam pekerjaan apapun, objection akan selalu ada dan semua orang harus selalu bisa mengatasinya.

    Dan cara mengatasinya adalah mempertimbangkan semua kemungkinan dan siap dengan semuanya.

    Nggak akan 100% berhasil terus sih, tapi yang udah siap2 aja ngga 100% apalagi yang ngga. Hahaha

    Maju terus Bro Xel..

    God bless!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you :) God bless you juga broo hehe, taro website lu disini dong biar gw jg bisa berkunjung

      Hapus
  3. Wah, Thank you Xel! berguna banget nih infonya!

    BalasHapus

Posting Komentar