TEA TIME BEHIND FACT: JANGAN PERNAH JUDGE / MENGHAKIMI ORANG LAIN!


pic source: temukanpengertian.com
tea time.. santai sejenak sembari membaca blog gw sobat ;) dengan secangkir kopi atau teh.

Yoi guys, ktmu lagi ma gw Xel Heidrich 
GW SELALU INGETIN GW MENULIS BLOG INI BERDASARKAN PENGALAMAN YG GW ALAMIN SENDIRI DAN TIDAK PERNAH MENJELEKAN PIHAK MANAPUN JADI STOP OFFENCE BICARAKAN BAIK2 dan SEMUA SELESAI.. so simpel yah hehe.. O iya 1 lagi 
 gw NETRAL, tulisan blog ini untuk informasi bagi anda yang membutuhkan info. Prinsipnya, banyak membaca semakin pintar so jangan ketinggalan simak dulu yah :) siapa tau membantu.

by the way, tiba-tiba gw terdorong bgt ingin menulis topik tentang empati dan anti judge..

gak perlu panjang lebar gw bahas, gw cuman pgn cerita apa yg menjadi pengalaman gw sendiri dikala waktu itu gw masih kuliah musik di Bandung..  gw yakin sobat-sobat denger cerita gw aja pasti udah cukup untuk mengerti apa yang ingin Tuhan sampaikan buat gw dan gw ingin sharing ini sama sobat-sobat sekalian.


cukup unik, kalo lu lu pada ambil kuliah yang jurusannya cukup unik kaya gw ambil D3 (baca:diploma 3) musik jurusan gitar elektrik (disini jurusan disesuaikan alat musik yg lo pilih) , maka jangan heran kalo angkatannya sedikit bgt. gw aja cuman sekitar 40-60 orang itu pun sudah digabung D3 dengan S1 (semua jurusan spt gitar, flute, piano, biola dll).

nah, dulu kan gw ambil jurusan gitar elektrik, sekelas yg sama jurusannya ma gw cuman brp ya yg gw inget sekitar 7-10 orang ajah, itu pun jurusan terbanyak ya gitar elektrik wkkwkw.. yg gw inget di akhir semester sebelum gw dianggap lulus, mahasiswa gitar elektrik kudu ikut ujuian akhir yang dinamakan RESITAL (1 mahasiswa diwajibkan menampilkan 2-3 lagu sesuai instrument masing-masing dan menonjolkan aksi, skill, gaya panggung dll)

temen-temen yang tersisa saat akhir semester.



nah itu die fotonya yg gw inget 2 semester sebelum resital, mahasiswa gitar yg sekelas ma gw tinggal segitu.
sekelas yah bukan SEANGKATAN. masih ada sih jurusan lain yg S1 atau jurusan instrument lain.


nah ketika kami mulai menginjak semester 5 dari total 6 semester (kan D3) saat itu dosen gitar gw udah nyuruh kita untuk menyiapkan lagu-lagu yang akan ditampilkan.. 

ya kontan mahasiswa gitar elektrik udah nyiapin lagu-lagu yang rumit untuk solo gitar (kek main gitar hero) ditambah dosen gw yang baik hati ngasih petuah "ayo kalian bawakan lagu yang keren ya, yg rumit sekalian tapi berseni, kita mahasiswa musik, bukan lulusan kursus, jangan bawa lagu yang mudah, apa bedanya kalian sama anak kursusan?"

gw sangat mengerti apa yg dosen baik hati ini sampaikan.. dia ingin kita semua lulus membanggakan orang tua kita masing-masing.. nah mulailah saat itu gw menyusun rencana membawakan lagu rumit apa yang ingin gw bawakan..

gw suka bgt musik jazz yang dibalut rock (fusion) maka gw bawain lah aransemen lagu Lee Ritenour - Captain Finger.. sedangkan temen2 gitar lain bawakan lagu masing-masing ada yg Rock British, Rock alternative, Blues dll.

nah, saat semester 5 kita mulai siapin smua, tiba-tiba gw dgr gosip dari temen2 anak gitar lain kalo ada 1 temen gw anak gitar elektrik juga (kita sebut Kelly), gak angin gak ujan, dia nyiapin lagu gampang banget, asli gampang banget dan dia mau pake lagu itu buat resital.
dueeengg... absurd bgt lah.. sedangkan Kelly ini anaknya terkenal teliti dan disiplin tetapi keras kepala, cari aman dan agak sedikit Blunder.. padahal dia itu sebenernya jago cuman gak mau dan gak ngerti kudu gmn latihannya gitu..

kebetulan kami anak-anak gitar selalu kompak dan gotong royong 1 sama lain jadi kami tak tinggal diam, semua berusaha untuk ngobrol sama Kelly, mengajaknya untuk mengganti lagu "jangan yang itu bro, kan lagu solo guitar lain masih banyak yg lebih keren dan lebih rumit, kenapa lo pilih lagu itu? blablabla.."

Kelly dengan muka tenang tetapi seperti tanpa bertanggung jawab berkata, "oh gpp bro, gw mah cari aman aja..."

kontan ini sangat bertolak belakang dengan ajaran yg dosen favorit gw bilang, "kalo mau main musik itu jangan cari lagu aman, cari lagu yang sulit, karena ketika mengulik lagu yang sulit kamu akan dapat pengalaman yang lebih banyak" ibarat lo maen game RO, RYL, Tantra dll. kalo kita mau cpt naek level kan lu kudu di GB/bikin party lu keroyokin monster yang sulit, maka expnya bisa lebih besar drpd lo gebuk monster yg mudah, ya expnya kecil kan? trus gmn mau naik level.

nah dengan jawaban Kelly seperti itu, kontan bikin gw dan temen2 yg lain meremehkan dia "wah malas lah tuh anak", "keras kepala bgt sih" dll.

singkat cerita kita semua temen2 1 jurusan udah bingung lah mau gimana buat dia, disamping kita juga CARE ma dia, supaya kita lulus bareng dan hasilnya angkatan kita keren smua lagunya sulit.. (FYI denger2 sih gosipnya angkatan2 sebelumnya lagu resitalnya gak serumit dan se"edan" angkatan kita, katanya ya bukan membanggakan diri) sedangkan dia malah bawa lagu aman.. sebal lah kita.

dosen gitar pun yang baik hati dan empati udah nyerah, ampe dosen itu bilang ma gw "wah bapak
mah udah ga tau kudu gmn lagi, udah lah biarkan saja. bapak udah bilangin baik-baik berkali-kali padahal."

karena tiket harus bayar, setiap player diberikan 2 tiket VIP gratis untuk orang terdekat (gw sih ajak mama dan papa gw, kebetulan papa gw gak bisa jadinya mama gw bawa adik kandungnya..) dan temen2 player lain pun bawa ortu atau org tersayang masing2.

singkat cerita, hari H pun tiba, kami tampil di gedung Braga Majesty jalan Braga Bandung..

dari jam 5 subuh kami sudah diharuskan datang membawa GEAR masing-masing (gitar, efek, amplifier tambahan dll) dan kami diberikan giliran untuk check sound masing-masing per band dengan kru dan anggota masing-masing. 

nah sekitar jam 1 siang acara dimulai dengan 3 juri (1 produser rekaman jakarta gw lupa namanya, nicky astria, sama gitaris band terkenal sry udah lama bgt gw lupa namanya dan nama bandnya siapa) yang pasti 3 3 nya bukan juri sembarangan.. trus yang gw inget gw dapet giliran ke 3 untuk resital, sedangkan giliran pertama si KELLY.

"opening yg buruk" gw bilang dalam hati gw.. promo udah gencar, pertunjukan anak2 kuliah musik lho, biasanya secara psikologi peserta pertama itu jadi patokan baik atau buruknya kualitas mahasiswa sini..

nah akhirnya beres kan tuh si kelly tampil? kita sih para player banyaknya nunggu di belakang panggung atau pada merokok di luar, kita gak boleh masuk ke dalam ruangan penonton untuk nonton kecuali player yg udah tampil. gw kebetulan pas kelly tampil gw gi merokok diluar untuk nenangin diri.. nah pas giliran player ke 2, tampil, gw masih ngerokok, kopi dan poto2 di luar. 

suddenly, ada seorang temen gw keluar manggil gw (matanya berkaca-kaca) dia bilang gini "xel, si kelly kasian.. dia nangis di belakang panggung.. gw udah  gatau kudu gmn"

ya kontan tanpa mikir panjang lari lah gw ke belakang panggung.. yang gw liat, banyak orang-orang di belakang panggung, wajahnya udah bersedih, malah ada yg berkaca-kaca juga matanya.. trus gw ubah pandangan gw gw liat ke arah lain ada si kelly lagi nyender di tembok (sambil berdiri nyendernya) dia lagi menagis tersedu-sedu sambil bawa gitarnya.

gw datangin langsung gw tanya, "bro, ada apa sih? lu kenapa??"

Kelly: "gw sedih bro.. gw inget mama gw tiba-tiba saat tampil di panggung.."

gw: "why? emg mama lo kenapa?"

Kelly: "mama gw udah gak ada pas semester 5 kemaren karena sakit keras.. dia udah sama Tuhan di sana.. lu tau kenapa gw ngotot gw bawain lagu ini? bukan karena sebuah alesan gw bilang ma kalian gw cari aman.. gw bawain lagu berjudul Lost Without You ini, sebenernya buat mama gw.. gw kehilangan bgt mama gw.. padahal gw udah punya impian di hati gw saat gw resital nanti papa mama bakal nonton gw karena gw lulus.. gw asalnya mau bawain lagu lain yg susah juga, tapi tiba-tiba mama gak ada pas semester 5, trus motor gw di Cirebon di gondol orang di garasi seminggu seudah mama gak ada.. gw terdorong bgt bawain lagu ini.. sorry gw ngebohong ma kalian soal ini.. gw tau kalian care ma gw.."

trus katanya. "lu harusnya bersyukur xel, mama lu bisa dateng liat lu bakal tampil nanti pas giliran ke 3 udah ini, yg dateng sekarang cuman pacar gw dan adik kandungnya.. papa gw di Cirebon terlalu tua untuk pergi sejauh ini ke Bandung.. gw tuh pingin bgt ortu gw dtg kesini liat gw lulus dan punya gelar.. gw pgn nunjukin gw berhasil ke mereka.. gw jg menahan hinaan dan ejekan kalian ttg lagu gw sendiri selama ini, gw bener-bener keilangan mama gw, im lost without her.."

(apa yg gw tulis ini semua benar-benar terjadi)

gak ada 1 katapun yg bisa keluar dari mulut gw.. gw NYESEL gw gak tau dibalik ini smua dia menyembunyikan kesedihan karena ibunya..

gw ngeluarin air mata dan gw cuman bilang sama dia

gw: "kel, apa yg lu bawain skrg gak sia-sia, gw percaya mama lo disana terharu bangga apa yg udah lu raih skrg.."

gw pun lari keluar..

Pic Source: https://ratihdwiastuti.wordpress.com/author/ratihdwiastuti/page/10/


itu lah sepenggal cerita yg ingin gw sampaikan ke kalian.

Buat yang pengen denger lagunya, ini linknya: https://youtu.be/YaghhoS6Df8 copas aja ke URL..
(Gw dgr dari temen yg nonton kelly langsung, kata temen gw di panggung saat dia mainkan gitarnya, dia bercucuran air mata jelas banget tersorot lampu..)

Pengalaman ini menampar keras gw, gw sadar betapa banyak terkadang kita menjudge kelakuan orang lain hanya sekilas terlihat dari mata

example, lo lagi ngafe sama temen2 lo, trus lo liat seorang cewek cantik dan seksi duduk sendirian di meja lain.. trus tiba2 cewek itu mengeluarkan rokok, lalu secara gak sadar biasanya kita akan judge cewek itu di pikiran kita "yah ngerokok, cewek nakal lah, -maaf- pelacur lah dll

padahal kalo lu beraniin diri samperin cewek itu dan sekedar bertanya "eh lo kenapa sih cewek ngerokok? kalo boleh tau yah" kalo seandainya dia cerita "masa lalu gw buruk.. gw liat bokap gw mukulin nyokap gw.. ampe bonyok2, trus hidup gw ancur karena keluarga blablabla.. sehingga gw terjerumus ke sini.." 
pertanyaan gw: masih kalian mau cap cewek ini jelek?

semua manusia punya kesusahannya masing-masing selalu pegang itu, dan belajarlah memaklumi orang lain, karena HIDUP ORANG LAIN TIDAK PERNAH SAMA SEPERTI KITA! mungkin dia mengalami hal yang lebih buruk daripada kita.

EVERYONE HAS THEIR REASON!
 seperti kata pepatah: "ukuran yang kamu pakai untuk mengukur kan diukurkan kepadamu" 
dan
 "silahkan kamu menghakimi kalau kamu tidak lebih berdosa daripada dia"

 guys, daripada capek-capek dan wasting time lo menghakimi orang lain, mending lakukan apa yang agama ajarkan: bantulah orang lain. itu lebih baik, daripada ngegosip ngomongin orang lain seakan kita lebih baik dan tidak lebih berdosa drpd dia

seorang pecandu narkoba berat sebut saja pak ALI yang sudah bertobat dari narkoba juga berkata yang sama "orang pakai narkoba itu bukan cuman sekedar dia coba2, orang waras hidupnya happy juga tau kalo ini narkoba, justru faktanya rata-rata orang yang hidupnya pailit lah (baca: stressfull, ancur dll) yang ingin cari ketenangan tetapi caranya salah"

dan sekarang Pak ALI ini membantu orang lain yang terjerumus dengan obat-obatan haram itu untuk menyembuhkan mereka.. ia bergabung dengan pelayanan di bidang rehabilitasi narkoba untuk membantu org lain yang drugs..

rumusnya adalah: Empati lahir jika kau mau belajar atau kau pernah MENGALAMINYA langsung.. jadi, tidak perlu mengalaminya kan? cukup pelajari saja dari pengalaman orang lain. gw tau ini gak gampang, karena gw juga mengakui gw manusia biasa dan sulit sekali melakukan ini walaupun kita sudah mengetahui faktanya.

gw sangat Bersyukur kepada Tuhan gw dikasih lihat pengalaman ini.. gw banyak belajar disini, diluar sana banyak orang-orang lain yang membutuhkan jalan. kan lebih baik lho lo kasih bantuan daripada lo omongin dia trus jauhin dia? tunjukan kalo lo hidup berguna buat orang lain.. makanya sampai sekarang pun gw selalu siap membantu temen2 gw atau orang lain yg mau cerita sama gw 4 mata.. gw sangat terdorong bantu orang lain..

yah inilah sepenggal kisah pengalaman hidup gw, langsung gw saksikan dengan mata kepala sendiri..
semoga ini memberkati kalian. karena gw tau umur gw bertambah dan gw semakin mendekati kematian, masa depan itu misteri, who knows saya lebih dahulu dipanggil olehNya? apalagi manusia itu seiring waktu demi waktu akan terlupa dengan kisah yg dialami (erased by time) makanya selama gw masih inget gw tulis di blog ini..gw sgt terdorong menceritakan hal-hal yang bermanfaat untuk dikenang daripada hal-hal buruk atau dendam yang dikenang. gw abadikan sehingga anak cucu kita bakal baca kelak kisah ini.. 

kalo sobat-sobat punya cerita inspirasi yang berkesan mirip kaya gini ttg empati, mari kita share bersama kirim ke email jerz.delucia@gmail.com. yg bagus bakal gw taro ke blog ini..
GBU!


Salam Sahabatmu,
Xel Heidrich


Komentar

Posting Komentar