SEPUTAR MARKETING: Closing? Ada rumusnya? Bahas yuk!



Yow guys, salam! Ni gw Xel, 

Hmm anyway, spt biasa, gw ingetin.. Smua blog2 gw dituliskan berdasarkan pengalaman gw dan gw tidak ada motif menjatuhkan pihak2 lain ya.. gw NETRAL! Gw menulis sesuai pendapat yg gw dapet dari apa yg gw ALAMIN..

Topik yg pgn gw angkat skrg adalah:
"Bro closing itu ada rumusnya kaga sih?? Kalo liat org2 laen, kok kayak gampang bgt lho, si A contohnya, setiap kita meeting ato training sminggu sekali dia closing 1 trus kadang 3 pernah seminggu dia closing 5 sekaligus lho .. Kok gw susah bgt ya.. Emg ada rumus pastinya kali ya?"

Menarik! Ini seru dibahas.. Kalo menurut pendapat gw closing itu bisa disebut ada rumusnya, bisa juga tidak.. 

Why?

Kalo closing ada rumus pastinya, harusnya perbandingan penjualan marketing yg sering di gembor-gemborkan itu 10:1 akan jadi NIHIL. Logikain aja, berati kalo ada org yg udah jago closing biasanya pangkatnya dah manager atau kepala cabang, sampai omset setahun 1 Milyar (omset pribadi, bukan per tim!) harusnya setiap prospek yg ktmu org ini pasti Closing alias 1:1. Bener gak? Dan gw yakin smua kerjaan laen bakal pindah ke marketing smua kalo ternyata semudah itu dan managernya ga pelit bagi ilmu.. Bener gak?



Gw jadi inget pas gw kuliah musik dulu.. Ada 1 mata kuliah ttg hak cipta, si dosennya tuh bilang:

"Gak ada rumusnya, bikin 1 lagu sekuler trus langsung BOOMING se Indonesia.. Kalo ada rumus pasti booming, saya jamin udah ada mata kuliah namanya "Booming" di kampus ini.. Dan saya yakin jg banyak org akan pindah kerja dari karyawan jadi Band semua.. Hahaha"

Lanjut katanya " faktanya, band band di kita itu smua berusaha, ada yg udah bikin 1 album (rata2 berisi +- 9 smpai 12 lagu) itupun belum dilirik radio dan TV sama sekali pas dipromosikan, ada yg dah 3 album belum laku2 jg.. Booming itu bener2 gak ada rumus, rumusnya ya berusaha aja dulu bikin lagu sebanyak-banyaknya, soalnya kita ga pernah tau lagu mana dan waktunya kapan yg bakal booming dari salah 1 lagu itu.. Cukup 1 lagu booming, income masuk, lo terkenal.. Mungkin bisa booming besok, ato sore ini tiba2, ato 1 thn lagi? Maybe?"

Nah, nangkep sesuatu kan? Bagi para pemusik aja, booming itu gak ada rumusnya pastinya.. 
Tapi ada 1 rumus pasti: BIKIN LAGU SEBANYAK-BANYAKNYA!

Bgitupun dengan bisnis marketing,

 rumus pastinya ya: ketemu banyak orang, cari butuhnya apa, terangin ke dia lu punya solusi. 
CARI PROSPEK SEBANYAK-BANYAKNYA! 

Rumus tidak pasti: kite gak pernah tau yg BOOMING yg mana!
Gw ngitung sih kalo gw pribadi ada di rasio 8:1 lah. (Bisa berubah sih.. Tergantung kedepannya sue apa untung hahaha)

Ah, gw inget! Ada info penting, gw pernah ktmu sama seorang kepala cabang salah satu perusahaan, dia udah sukses bgt, dia cerita dulu awal2 jadi level bwh, dia dah presentasi ke 75 org dan tau closing brp?

DITOLAK TOTAL

yg ke 76 baru akhirnya closing 1 itupun closing kecil + dibantu kakak kandungnya..

Nah menurut asumsi gw, kebetulan gw suka psikologi manusia jg, gw perhatiin tuh si kepala cabang, dari bahasa tubuh, cara presentasi, penampilan dll. Memang orangnya tidak menarik sih menurut gw..  Trus kalo ngomong bahasanya datar, gak pernah senyum. (posisi skrg lho udah kepala cabang aja bgini, apalagi dulu pas dia masih lvl bawah? Kebayang?) 

artinya rasio dia 75:1 kan?  Tapi hebatnya org ini, dia gak menyerah.. Dia trus cari closingan.. Sampai skrg dah kepala cabang, dengan pasif income sekitar 150jt keatas per bulan dan sudah punya kantor sendiri..

Itulah yg gw tau ttg ada tidaknya rumus pasti closing.. 
Jawabannya bisa ada bisa tidak.

Ada: lo cari prospek sebanyak2nya
Tidak: ga ada rumus 1:1

O iya dan gw pribadi percaya, closing itu berkat Tuhan. Semua sudah diaturNya. Rezeki gak akan kemana asal kita berusaha!

Gw harap artikel gw membantu ya..
Artikel gw menarik? Baca yg lain jg


Gw menerima kritik, saran atau buat yg mau nambahin just comment aja, tar yg bagus gw taro di halaman + nama penambahnya :)

Salam Sukses,
Xel Heidrich



Komentar